Saturday 13 December 2014

TENTANG SBPC 2015





 SAMBUTAN KEPALA DEPARTEMEN SAHADA
UKKI PENS

"Alhamdulillah puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wata'ala.. atas rahmat dan karunia yang begitu besar akhirnya kami dari segenap Squad 
Departemen USAHA dan DANA (SAHADA)
bisa menggelar kembali salah satu  mega proker UKKI-PENS
yang dapat memacu semangat wirausaha kaum MUDA untuk menjadi pribadi yang produktif, kreatif, dan Inovatif.

Semoga dengan terlaksananya Sahada Bisnis Plan Competition (SBPC) 2015 ini, nantinya akan menumbuhkan pengusaha-pengusaha muda yang unggul dan mampu membawa INDONESIA menjadi Negara yang 
maju dan mandiri"







PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah SWT yang memberikan petunjuk kepada kita sehingga terwujudnya hakekat kemanusiaan yang luhur dan penuh cahaya kebenaran. Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada beliau nabi besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah dalam memperjuangkan agama Islam.
Menjadi bagian penting dalam pengembangan perekonomian, potensi kewirausahaan merupakan buffer secara simultan dalam pengendalian sumber daya manusia (SDM). Ketersediaan sumber daya tersebut bagi Indonesia adalah sangat berlimpah dan sangat berpotensi untuk menjadi kekuatan perekonomian dunia. Khusus pada sisi SDM, salah satu sumber utama adalah melalui program pendidikan tinggi dimana penanaman wawasan entrepreneurship yang harus menjadi bagian program.
Penciptaan sosok wirausahawan memang menbutuhkan waktu yang cukup panjang, dan baseline pada saat ini diharapkan dapat segera tercipta lebih dari 4 juta wirausahawa baru agar bangsa Indonesia segera mampu semakin memiliki competitive advantage muslim dalm perekonomian dunia.
Departemen sahada merupakan salah satu departemen UKKI PENS yang bergerak dalam Usaha dan dana mulai melakukan langkah-langkah persiapan, dimana direncanakan kegiatan dimaksud diadakan pada tanggal 24 – 25 Januari 2015. Dengan mempertimbangkan berbagai perkembangan konsep bisnis serta media teknologi dalam suatu pengembangan usaha terkini, maka tema Sahada Business Plan Competition 2015 ini mengemban visi untuk menjadi jembatan dalam pembentukan jiwa kewirausahaan Muslim untuk masa depan bangsa Indonesia, “MOSLEMPRENEUR GOES TO BUSINESS PLAN FOR INDONESIA FUTURE”.

B.       Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran diadakannya kegiatan ini adalah:
1.      Garis Besar Haluan Kerja Unit Kegiatan Kerohanian Islam Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (GBHK UKKI PENS).
2.      “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d:11)
3.      “Barang siapa yang mengajak ke arah kebaikan, maka ia memperoleh pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikit pun dan dari pahala mereka yang mencontohnya itu.” (HR. Muslim)
4.      “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al-An’am:162)

C.      Tujuan Kegiatan
Tujuan diadakan kegiatan ini adalah:
ü  Even semangat kewirausahan pelajar Indonesia
ü  Sebagai wahana pengembangan kreativitas wirausaha bagi mahasiswa sebagai calon pengusaha muslim masa depan.
ü  Media untuk Experience Exchange antar pelajar dan praktisi bisnis dalam pengelolaan kewirausahaan pelajar
ü  Fasilitas promosi produk kreatif-inovatif kewirausahaan  mahasiswa dan pelajar islam Indonesia dan juga untuk produk unggulan daerah.

D.      Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah:
1.      Muslim SMA/SMK sederajat
2.      Mahasiswa muslim
3.      Kalangan umum profesional
Dimana sasaran di atas mencakup seluruh Mahasiswa dan pelajar se-Indonesia.

PENYELENGGARAAN

A.      Nama Kegiatan
Adapun nama kegiatan ini adalah “SAHADA BUSINESS PLAN COMPETITION 2015”.
B.       Tema
Moslempreneur goes to business plan for indonesia future”
C.      Waktu Pelaksanaan

Hari          : Sabtu s.d. Minggu
Tanggal    : 24 – 25 Januari 2015
Tempat     : Hall D4 - Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
Waktu      : Pukul 08.00 – selesai
KEGIATAN

A.      Gambaran Umum Kegiatan
Acara SAHADA BUSINESS PLAN COMPETITION 2015 merupakan realisasi dari Mega Program Kerja yang telah disusun sedemikian rupa oleh Departemen SAHADA UKKI. Yang mana acara ini adalah serangkaian kegiatan yang terdapat dalam beberapa macam bentuk acara, yaitu seminar dan kompetisi. Adapun gambaran masing-masing kegiatan sebagai berikut:

SEMINAR ENTREPRENEUR

Seminar Entrepreneur yang berlandaskan islam dengan pemateri yang pakar dalam hal Kewirausahaan dan utamnya dalam hal muamalah yang sesuai dg prinsip-prinsi islam sesuai dengankaidah-kaidah bermuamalah ala salaful ummah.

SBPC 2015 (Sahada Business Plan Competition 2015)

SAHADA BUSINESS PLAN COMPETITION 2015 adalah sebuah kompetisi mahakarya pelajar yang  dikikuti oleh mahasiswa dan pelajar SMA/SMK sederajat yang menciptakan karya berupa gagasan bisnis plan yang memiliki mashlahat untuk kebaikan Umat, dengan pilihan kategori:
1.         Teknologi
2.         Perikanan
3.         Kehutanan
4.         Produk Agribisnis pangan/ olahan termasuk kuliner
5.         Produk Agribisnis non pangan (hobiest, industri kreatif, bahan baku industri)
6.          Produk Input Pertanian (pakan, pupuk, pestisida, obat, dst)
Dan lainnya yang bernilai prospektif.

Kompetisi ini diselenggarakan untuk kalangan pelajar muslim seluruh Indonesia, dalam penilaiannya peserta mengirimkan proposal bisnisnya dalam 2 bentuk file yaitu softfile yang kemudian dikirimkan ke email Sahadaukki@gmail.com untuk kemudian akan diseleksi. Pemenang akan diundang untuk ketahap presentasi dengan membawa contoh produk/ prorotype selanjutnya pada tanggal yang sudah ditentukan.




PENUTUP
Dan akhirnya, semoga apa yang telah kami niatkan dan yang akan kami laksanakan ini dapat bermanfaat dan mendapat Ridho dari Allah SWT, sehingga dicatat sebagai amal kebaikan serta diterima di sisi-Nya. Sedikit kontribusi yang kami persembahkan semoga dapat menambah semarak syiar dan dakwah muslim ke depan dalam menyongsong peradaban dan kebangkitan ummat.   Kami pun mengharap partisipasi dan kontribusi dari semua pihak demi suksesnya kegiatan ini. Semoga Allah SWT membalas niatan baik kita bersama. Amin. “Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki – laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97).


No comments:

Post a Comment